SMPIT Bunayya Pekanbaru
SMPIT Bunayya Pekanbaru
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Gemar Bersedekah

 


18 Ramadan 1442 H

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

SMPITBunayyaPekanbaru-Ini salah satu diantara bentuk kemurahan hati seorang mukmin, yaitu di dalam dirinya ada sifat suka membantu. Yaitu ada kemurahan hati sehingga dia mau berbagi kepada sesama. Ini merupakan akhlak yang mulia. Lawannya adalah orang yang bakhil, kikir adalah akhlak yang tercela.

Islam menganjurkan kepada pemeluk-Nya, kepada umat-Nya, kepada kaum muslimin supaya gemar bersedekah dan menjadikannya ini sebagai salah satu syiar kaum muslimin. Yaitu mereka suka berbagi kepada sesama, karena salah satu rukun Islam adalah membayar zakat yang bentuknya adalah mengeluarkan harta.

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah[2]: 245)

Seperti itulah orang yang bersedekah, hartanya akan bertambah. Bisa keberkahan hartanya dan bisa juga dari sebagian harta yang ia keluarkan itu, Allah ganti harta dalam bentuk yang lain. Mungkin dalam bukan dalam bentuk uang, tapi Allah ganti dalam bentuk harta yang lain yang mungkin jauh lebih bernilai. Ini adalah janji dari Allah subhanahu wa ta’ala, bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta.

Sedekah diibaratkan seperti air. Di mana air yang mengalir lebih menyegarkan dan menyehatkan dibandingkan air yang tidak mengalir yang lama kelamaan akan kotor, berbau dan menimbulkan penyakit. Sama halnya dengan harta kita, apabila kita menyedekahkannya di jalan Allah, maka sedekah itu akan membersihkan harta dan rezeki yang kita miliki, dan apabila kita menimbun dan tidak menyedekahkannya, maka harta itu akan menjadi penyakit bagi diri kita. Penyakit itu bisa berupa kesulitan dalam hidup, rezeki, usaha, bisnis, jodoh dan musibah lainnya. 

Berikut beberapa keutamaan sedekah diantaranya :

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

”Dari Ibnu Mas’ud, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,” jagalah harta kalian dengan zakat, obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah dan tolaklah bala’ dengan doa”.

1. Dilipat gandakan pahalanya oleh Allah Swt

2. Sedekah dapat menghapuskan dosa-dosa

3. Dapat memadamkan panasnya alam kubur

4. Sedekah dapat mengobati penyakit

5. Sedekah menambah harta kekayaan

6. Sedekah memperpanjang usia/umur

Maka jadikanlah sedekah kita dan apapun amal baik  yang kita lakukan sebagai suatu bentuk syukur kita pada Allah, dan sebagai bentuk cinta kita kepada Allah dan Rasulnya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Penulis: Lujeng Paramastuti, S.Si. (Kepala SMPIT Bunayya Pekanbaru)

Berbagi

Posting Komentar