Logo

Kenapa Perlu Persiapan Khusus? Ternyata Ini Keistimewaan Bulan Ramadan

Kiai Helmy Hidayat, M.Pd.


SMPITBunayyaPekanbaru-
Pada acara tarhib Ramadan yang ditaja oleh SMPIT  Bunayya Pekanbaru, Pimpinan Pondok Pesantren Ihsan Boarding School (IBS) Riau, Kiai Helmy Hidayah, M.Pd., berksempatan mengisi acara tersebut. Memberikan ceramah sekitar 1 jam lebih kepada seluruh Pendidik dan Peserta Didik, beliau menjelaskan 5 keistimewaan bulan Ramadan yang tidak ditemukan di 11 bulan lainnya. 

"Ada 5 keistimewaan bulan Ramadan yang perlu kita ketahui. Sehingga dalam menyambut bulan ini, kita memerlukan persiapan khusus," Kata Kiai Helmy Hidayat, M.Pd., saat memberikan ceramah di SMPIT Bunayya Pekanbaru, Jl. Putra Panca, Sei Mintan, Kota Pekanbaru (3/4/21). 

Helmy menyebut, keistimewaan pertama adalah ibadah puasa yang dilaksanakan di bulan Ramadan pahalanya di rahasiakan Allah Swt. Berbeda dengan amalan yang lain, seperti amalan salat. Jika dilaksanakan salat sendiri 1 pahala, sedangkan berjamaah 27 derajat. 

"Kalau ibadah puasa, Allah Swt. merahasiakan jumlah pahala yang didapat. Allah berfirman, ‘Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.' Artinya apa? kalau sebuah amal dirahasiakan pahala yang didapat, berarti ibadah ini dahsyat dan luar biasa. Bisa saja kita mendapat pahala 100, 1000, bahkan lebih, tergantung kualitas ibadah kita," sebutnya

Suasana Acara


Pimpinan Pondok Pesantren IBS Riau itu melanjutkan, keistimewaan kedua, ibadah yang dikerjakan di bulan Ramadan, pahalanya dilipatgandakan oleh Allah Swt. Jika diluar Ramadan pahala yang didapat 10, maka di bulan Ramadan akan mendapat 70 kali lipat. 

"Alif, Lam, Mim, itu tiga huruf. Pahala yang didapat 30 ketika membacanya. Namun, jika dibaca di bulan Ramadan, pahala 30 itu dikalikan 70. Begitu istimewanya ibadah yang dikerjakan di bulan Ramadan," katanya 

Keistimewaan ketiga, di bulan Ramadan ada malam yang istimewa yaitu malam lailatulqadar. Jika kita beribadah bertepatan dengan malam tersebut, nilai pahala yang kita dapat sama dengan kita beribadah selama 1000 bulan atau selama lebih kurang 83  tahun. 

"Keistimewaan keempat, bulan Ramadan disebut dengan Syahrul Quran, yaitu bulannya Alquran. Para ulama, jika sudah masuk bulan Ramadan, mereka meninggalkan buku-buku atau kitab-kitab yang lain. Mereka fokus membaca alquran. Berlomba-lomba mengkhatamkan alquran dengan tetap memperhatikan kualitas bacaan," jelas Helmy Hidayat. 

Helmy melanjutkan, keistimewaan kelima bulan Ramadan adalah kita mendapat pelatihan terbesar dari Allah Swt. 

"Ketika kita berpuasa, secara tidak langsung Allah Swt. melatih kita untuk selalu jujur, sabar, dan disiplin. Minimal 3  sifat ini secara garis besar kita dilatih ketika kita melaksanakan ibadah puasa," tuturnya.

Itulah 5 keistimewaan bulan Ramadan. Keistimewaan yang tidak dimiliki bulan lainnya. Oleh karena keistimewaan ini hanya kita dapat 1 bulan dalam setahun, tentu kita harus membuat persiapan khusus untuk mengisinya. 

"Semoga kita bisa mengisi bulan Ramadan nanti dengan amalan-amalan terbaik," harapnya. 


Penulis: Muli

Posting Komentar

0 Komentar