Logo

Raih Kemuliaan Hidup Bersama Alqur'an



Assalamualaikum Wr. Wb. 


SMPITBunayyaPekanbaru-Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bulan Ramadan memiliki keistimewaan dan berjuta nikmat. Hal ini tentunya dikarenakan kitab suci Alqur'an diturunkan pada malam “lailatul qadar” yang penuh rahmat. Kitab suci Alqur'an adalah kitab suci yang memiliki kemuliaan yang berisi tentang petunjuk kehidupan, pengarah langkah, pijakan setiap amal, tolok ukur, serta barometer dalam segala hal. Petujuk Alqur'an digaransi “terjamin” kesempurnaannya dan terjaga kemurniannya. 

Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam surat Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan menjadi pembeda (furqan, antara yang haq dengan yang bathil)”.

Ada alasan-alasan yang menjadi dasar utama mengapa Kita harus hidup bersama Alqur'an:

1. Alqur'an memuat segala aturan kehidupan kita, jawaban atas segala masalah. Allah Swt. Sang Maha Pecipta, Yang Maha Mengetahui seluruh ciptaan-Nya dan segala seluk beluknya yang sangat rinci. 

2. Alqur'an petunjuk kehidupan yang terjamin keasliannya. Tahan uji dari berbagai penyelewengan, perusakan, pemalsuan, dan pembelokkan makna.

3. Terbukti mukjizat Alqur'an mudah dihafal, dipahami, dan tentunya diamalkan. Banyak ulama dan hafiz yang selalu menjaga kemurnian Alqur'an.

4. Alqur'anlah undang-undang kehidupan yang paling pas bagi manusia dan seluruh alam. Berpijak di atasnya tidak akan tersesat selamanya. 

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman dalam surat Al-Isra ayat 9:

اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًاۙ

"Sungguh, Al-Qur'an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar,"

Rasulullah Saw bersabda,

“Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara yang apabila berpegang kepadanya niscaya tidak akan tersesat selamanya, yaitu Alqur'an dan Sunah.”

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Penulis: Lujeng Paramastuti, S.Si. (Kepala SMPIT Bunayya Pekanbaru) 

Posting Komentar

0 Komentar